Total Pageviews

Tuesday, April 7, 2015

8 Langkah Mendpatkan Backlink SEO yang berkualitas

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian google berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Artikel ini akan memberikan sedikit cara mendapatkan backlink berkualitas dengan melakukan perburuan keragaman sumber link. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • ·         Metode penautan link juga perlu dilakukan di dalam memperoleh backlink berkualitas. Anda perlu melakukan keragaman cara. Anda bisa menggunakan artikel atau berkomentar baik dengan sistem penautan link maupun penggunaan open id. Hal ini disebut keragaman metode (methods diversity).
  • ·         Mendapatkan backlink yang imbang antara nofollow dan dofollow dari situs bermutu (types diversity).
  • ·         Pencarian backlink berkualitas juga dapat dilakukan dengan teknik penautan antar artikel di dalam satu situs (internal link) maupun eksternal link (link sources diversity).
  • ·         Keragaman letak geografis dari situs berkualitas juga perlu diperhatikan. Usahakan mendapat backlink berkualitas dari situs yang berbeda pulau, berbeda negara maupun berbeda benua (geographical’s diversity).
  • ·         Mencari link dari situs bermutu dengan keragaman pagerank. Usahakan link yang mengarah dari situs PR 0 hingga PR 10 (pagerank’s diversity).
  • ·         Mendapatkan backlink dari situs berkualitas yang memiliki perbedaan IP hosting. Keragaman IP ini sangat mutlak diperlukan agar link yang diperoleh bukan hasil unsur kesengajaan. Jika situs anda berada pada share hosting yang sama dengan situs yang memiliki pagerank 4 dan terjadi koneksi, maka backlink yang anda peroleh dari situs tersebut akan menjadi percuma dan tidak memberikan efek positif pada posisi SERP karena dilakukan pada “lingkungan yang sama”. Keragaman IP ini menjadi isu penting dalam link building (IP’s diversity).
  • ·         Teknik mendapatkan backlink yang sangat berpengaruh di dalam mengoptimalkan sebuah situs adalah dengan melakukan variasi anchor text. Contoh jika situs anda ingin membidik kata kunci: “baju murah”, maka anchor text yang perlu anda ciptakan harus merupakan variasi maupun sinonim dari kata kunci yang dibidik. Misalnya: “pakaian murah, gaun promo, baju diskon”. Keragaman anchor text juga mutlak dilakukan (anchor text’s diversity).
  • ·         Dari seluruh keragaman backlink di atas, hanya satu hal saja yang wajib sama. Yaitu niche. Anda bisa saja mendapatkan backlink berkualitas dari situs yang niche sama maupun hanya kategori artikel yang sama. Hal ini disebakan karena banyak beredar situs atau blog yang multi niche (gado-gado). Selain itu biasanya dengan alasan kompetisi, jarang ada situs yang memiliki niche sama saling berbagi link. Bahkan, search enginegoogle juga kurang suka bila situs melakukan pertukaran link.

Prinsip mendapatkan backlink dari situs bermutu yang memenuhi kualifikasi metode diversity (keragaman) di atas yang terhubung ke sebuah situs, dan dikombinasikan dengan pembuatan konten berkualitas di dalam situs, serta setting seo yang tepat, adalah inti dari teknik optimasi menyeluruh terhadap situs. Jadi jika anda bisa memperoleh 10 link balik yang memenuhi 8 syarat di atas, akan lebih bermanfaat dan mempengaruhi posisi SERP daripada 1000 backlink dari satu situs pagerank 4.

No comments:

Post a Comment